Sabtu, 04 April 2009

Mengatasi kesulitas siswa dalam belajar metematika dengan mengajarkan Teknik mencatat

1. TEKNIK PENCATATAN “TULIS KOMENTAR”
Teknik ini adalah adopsi dari teknik catatan TS dari buku kuantum Learning karya Boby de Porter yang diidekan oleh Corner dan sudah digunakan diberbagai Negara dalam pembelajaran dalam kelas. Teknik ini dilakukan dengan membuat dua kolom untuk mengakomodasi otak kiri dan otak kanan
Kolom pertama yang berisi penjelasan atau pengerjaan soal yang ditulis secara sistematis, logis, runtut dan analitis sesuai dengan penjelasan dengan dari guru atau pengerjaan pelajar sendiri. Sehingga kolom pertama ini melibatkan kemampuan dari otak kiri yang berfikir secara logis, sistematis, sekuensial dan analitis.
Kolom kedua berisi komentar tentang Perasaan, alasan dan hal lain yang terlintas dalam fikiran tentang hal yang tidak dimengerti. Kolom ke dua menuntut pelajar untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang materi yang diberikan oleh guru yang diungkapkan dalam bentuk pertanyaan dalam bahasa yang tidak formal. Kreatifitas pelajar juga dibutuhkan dalam memberikan tanda dan komentar unik untuk menadai hal yang dianggap penting oleh pelajar. Dengan demikian dapat kita mengerti bahwa pada kolom ke dua pelajar melibatkan otak kanan yang berfikir secara kreatif, tidal linear dan melibatkan ide-ide yang bersifat abstrak termasuk perasaan.
Kelebihan-kelebihan dari teknik pencatatan ini adalah
a. Melibatkan perasaan dalam belajar matematika yang memudahkan pelajar mengingat informasi yang diberikan.
b. Pelajar dapat mengevaluasi dirinya sendiri apakah ia memahami konsep yang diajarkan oleh guru dengan benar.
c. Pelajar dapat dengan mudah mempelajari kembali catatanya karena semua jelas disana dan suasana emosinya pada saat itu dapat kembali berulang sehingga mudah mengingat kembali apa yang telah dipelajari
d. Pelajar dapat dengan mudah memberikan pertanyaan kepada guru tetang hal-hal yang belum di mengerti, karena jelas tercantum dalam catatan tersebut
e. Pelajar dapat mengetahui kelemahan-kelemahan apa yang ia punyai tentang konsep dasar yang mendasari materi tersebut.
f. Pelajar dapat melakukan diskusi dengan temannya dengan patron yang jelas yang sudah tercantum dalam catatan TK pelajar.
g. Guru dapat mengevalusi diri dan megevaluasi pelajar tentang metode dan strategi pembelajaran yang telah diterapkan ke pelajar
2. CARA MELAKUKAN TEKNIK PENCATATAN “TULIS KOMENTAR”
a. Pelajar menyipakan 2 jenis warna bolpoin atau pesil berwarna serta stabile
b. Pelajar membuat 2 kolom
c. Kolom kir I diberikan judul jawaban dan kolom kanan diberikan judul alasan dan perasaan
d. Disebelah kiri pelajar mengisi dengan penjelasan dari guru atau jawaban atas soal-soal yang diberikan oleh guru, dan disebelah kiri dituliskan tentang asosiasi dengan sesuatu, perasaan, alasan, pertanyaan tentang hal yang tidak diketahui
e. Akan lebih baik jika Pelajar menandai bahagian di sebelah kiri dengan melingkari dengan warna yang berbeda, atau dengan menstabilonya kemudian memberikan tanda panah yang diarahkan pada kolom kanan untuk hal khusus yang perlu penjelasan lebih detail
f. Pelajar dapat membuat symbol, pada kolom kiri dan menuliskan perasaannya pada kolom kanan seperti perasaan bosan, bingun dan sebagainya
g. Pada akhir pembelajaran pelajar diberikan waktu selama 2 menit untuk melihat sekilas tentang catatan yang telah dibutnya, lalu menandai dan menonjolkan fakta yang penting, dan memberikan symbol pada materi yang ia mengerti dengan symbol bintang misalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar